Menggunakan Check Disk (CHKDSK)

CHKDSK (singkatan dari Checkdisk) adalah sebuah perintah di dalam sistem operasi DOS dan Microsoft Windows (keluarga Windows NT) yang mampu melakukan verifikasi integritas sistem berkas yang disimpan di dalam floppy disk atau hard disk. Perintah ini mirip dengan perintah fsck (akronim dari file system check) yang terdapat di dalam sistem operasi keluarga UNIX. Perintah ini berjalan di dalam modus command-line, meski sebenarnya, Windows Explorer (dalam Windows NT) pun telah mengintegrasikannya ke dalam opsi properti dari hard disk atau volume.


Menjalankan CHKDSK
Di bawah Windows, CHKDSK dapat dijalankan dari jendela console atau dengan menggunakan Windows Explorer (My Computer). Penggunaan jendela console mensyaratkan kita untuk menspesifikasikan perintah CHKDSK dengan beberapa parameter, sementara dengan menggunakan GUI, semuanya dapat dilakukan secara lebih mudah karena hanya terdapat beberapa checkbox.

Urutan penggunaan CHKDSK versi GUI adalah sebagai berikut:
  1. Buka My Computer
  2. Klik kanan pada volume (hard disk) atau disket yang hendak dipindai dan dicari kesalahan integritas sistem berkas di dalamnya.
  3. Klik Properties.
  4. Buka tab Tools.
  5. Tekan tombol Check Now... di dalam kotak Error-checking.
  6. Pada kotak dialog yang keluar, beberapa checkbox mengizinkan beberapa fungsionalitas yang sama dengan perintah CHKDSK versi command-line, dengan parameter /R dan /F.
Selain itu, CHKDSK juga bisa dijalankan melalui Command Prompt :
  1. Klik Start > Run
  2. Ketik perintah CMD pada kolom Run
  3. Ketik drive yang akan di cek, misalnya D:\

0 komentar:

Posting Komentar